Mengintip Gaya Wanita Berbisnis

Mengintip Gaya Wanita Berbisnis

 wanitabisnis_140307.jpg

Kiprah wanita berkecimpung mengelola bisnis secara global tak dapat dipandang sebelah mata. Sebuah organisasi riset yang berbasis di Amerika Serikat memberikan angka 10.4 juta perusahaan (sekitar 50% atau lebih dari total perusahaan yang ada, memperkerjakan lebih dari 12,8 juta pekerja dan menghasilkan US$1,9 triliun pada penjualan di negara tersebut.

Kesempatan wanita untuk mengambil bagian dalam dunia bisnis memang makin terbuka. Hampir tak ada batas, apapun yang bisa diusahakan pria juga dapat dilakukan wanita.

Meskipun tak mutlak, setidaknya pebisnis wanita memiliki beberapa karakteristik dasar positif yang dapat membantunya sukses dalam bisnis.

1.   Wanita biasanya lebih berhati-hati dalam melangkah. Masih dari sumber riset yang sama, ditemukan fakta bahwa dalam mempersiapkan diri menghadapi risiko, 66% pebisnis wanita mengasumsikan risiko penting di atas rata-rata a untuk keperluan investasi bisnisnya. Untuk itu wanita lebih nyaman membuat perencanaan matang terlebih dahulu sebelum memulai.

2.  Wanita memiliki gaya manajemen berbeda dibandingkan pria. Dimana wanita menekankan membangun hubungan melalui pertemuan-pertemuan dan sebagian lagi lebih suka untuk berkonsultasi dengan para ahli, karyawan serta teman-teman sesama pebisnis. Wanita biasanya juga lebih lihai dalam pendekatan personal, sehingga terbuka luas untuk menjalin hubungan baik dengan klien atau relasi bisnis.

3.  Tak sedikit wanita memulai bisnis berawal dari keterampilan yang dimiliki. Membuka butik karena mengerti menjahit dan mengikuti dunia fashion misalnya. Biasanya dengan memiliki keterampilan di bidang yang akan dijalani mereka lebih percaya diri.

4.  Wanita biasanya lebih peka dalam menganalisis keadaan di sekitarnya. Jika karakteristik ini dapat dimanfaatkan dengan baik dapat membantu seorang pebisnis wanita menemukan ide-ide cemerlang untuk pengembangan usaha.

5.  Wanita lebih ulet dan sabar dalam bekerja.

6.  Wanita juga sudah terbiasa mengurus keuangan rumah tangga, sehingga lebih jeli dan detil dalam mengelola keuangan sebuah usaha. Begitu juga dalam me-manage waktu. Wanita identik terbiasa membuat diari, catatan harian atau agenda, yang bisa dijadikan panduan untuk melangkah. (SH)

Dikutip dari: wirausaha.com edisi Mar 14, 2007

 

Ditulis dalam Uncategorized. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Mengintip Gaya Wanita Berbisnis”

  1. tinur Says:

    Dengan satu motivasi yang sangat tinggi kadang
    -kadang kemampuan wanita dalam menjalankan bisnis tidak bisa dianggap sebelah mata’,
    akan tetapi opini masyarakat tentang gender masih saja membatasi gerak langkah wanita untuk mengekplorasi kemampuan dalam menjalankan suatu bisnis sehingga banyak potensi wanita-wanita yang belum muncul ke permukaan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: